Solusi Tepat Saat iPhone Mati Total Dan Tidak Bisa Di Charge

Pada smartphone, baterai tentu memiliki peran penting. Lalu, apa yang bisa dilakukan jika iPhone mati total dan tidak bisa di charge?

Tak perlu buru-buru membawanya ke tempat servis atau bahkan dijual. Kamu bisa menerapkan beberapa cara berikut agar perangkat kembali berfungsi.

cara mengatasi iPhone Mati Total Dan Tidak Bisa Di Charge

Penyebab iPhone tidak bisa di charge

Pada dasarnya, ada beberapa pemicu yang menyebabkan kondisi hp mati total dan tidak bisa diisi daya. Umumnya, pengguna melakukan beberapa hal yang dapat merusak baterai tersebut seperti:

Mengisi daya terlalu lama atau sambil digunakan

Apa kamu menjadi salah satu orang yang kerap mengisi daya hp semalaman? Padahal, iPhone dalam kondisi baik hanya memerlukan waktu pengisian daya kurang lebih 2/ 3 jam. Hal inilah yang dapat memicu kerusakan pada baterai.
Tak jarang pula, smartphone yang sedang di charge turut dipergunakan. Sebaiknya, hindari kebiasaan tersebut jika tak ingin baterai kehilangan fungsinya.

Menggunakan charger yang tidak sesuai atau palsu

Salah satu penyebab lain iPhone di charge tidak nambah adalah akibat menggunakan kabel yang tidak sesuai atau palsu. Ya, kamu tentu menyadari banyaknya penyedia kabel charger dengan merek sembarang. Harga yang ditawarkan memang jauh lebih murah, namun punya banyak risiko.

Terlalu sering menggunakan charger portable atau powerbank

Saat perlu melakukan mobilitas tinggi, charger portable atau powerbank tentu jadi solusi mudah dalam pengisian daya handphone.
Padahal, terlalu sering menggunakannya juga tidak disarankan. Arus listrik yang ada pada alat ini tergolong tidak stabil sehingga dapat berbahaya pada kondisi baterai.

Cara mengatasi iPhone tidak bisa di charge dalam keadaan mati

Ada beberapa langkah sederhana yang bisa kamu coba untuk mengembalikan lagi fungsi iPhone. Ini bisa menjadi antisipasi utama agar smartphone dapat kembali aktif. Berikut beberapa caranya:

1. Tetap lakukan pengisian daya (charging)

Sebelum kembali melakukan pengisian daya, pastikan kabel charger berfungsi dengan baik. Selain itu, gunakanlah kabel asli yang kompatibel agar mampu mengisi baterai secara optimal.

Pasalnya, bisa jadi iPhone kamu benar-benar kehabisan daya. Biarkan handphone tersambung pada kabel charger selama 1 – 2 jam hingga kembali aktif.

2. Restart iPhone atau reset pabrik

Langkah berikutnya, kamu bisa mencoba untuk melakukan restart ulang atau reset pabrik secara paksa.

Untuk melakukannya, kamu bisa menekan tombol power pada iPhone selama kurang lebih 10 detik. Jika berhasil, layar akan kembali aktif dan segera lakukan pengisian daya.

Jika cara tersebut belum berhasil, coba untuk menekan tombol power dan home secara bersamaan.

Langkah ini umumnya juga berhasil membuat iPhone kembali aktif. Saat berhasil mengaktifkan kembali, segeralah mereset ulang sebagai antisipasi kondisi mati total terulang.

3. Sambungkan ke iTunes

Saat kedua cara sebelumnya belum berhasil, cobalah untuk menghubungkan smartphone pada iTunes for windows di laptop. Gunakan kabel asli saat menyambungkan iPhone pada laptop. Jika sudah terhubung, lakukan reset paksa/ ulang agar hp masuk masa pemulihan (recovery mode).

Berikutnya, kamu bisa memilih opsi perbaharui dengan mengupdate software baru atau pulihkan. Jika memilih opsi pulihkan, sebaiknya cadangkan dahulu data-data pada iCloud agar tetap aman. Jika berhasil, iPhone akan kembali aktif.

Itulah beberapa solusi tepat atasi iPhone mati total dan tidak bisa di charge. Jika cara diatas belum bisa mengembalikan fungsi handphone, tak ada salahnya untuk langsung menghubungi service center.

Leave a Comment