Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Cepat Habis

Memahami cara memperbaiki baterai laptop yang cepat habis akan membuat gadget kamu awet. Terlebih sering dipakai bekerja secara remote di cafe atau di tempat yang jarang ada colokan listriknya.

Jadi, baterai laptop yang dipakai bisa dimaksimalkan sehingga kondisi mudah drop tidak akan terjadi. Berikut beberapa cara yang pernah saya lakukan dan bisa jadi referensi untuk kamu coba.

cara memperbaiki baterai laptop

Penyebab Baterai Laptop Mudah Habis

Sebelum membahas tentang cara memperbaiki baterai laptop yang mudah habis Windows 10 dan versi sebelumnya, ada baiknya mengetahui penyebabnya dahulu.

  • Tidak stabilnya tegangan yang masuk ke baterai saat dipakai. Tegangan ini bisa naik turun akibat gangguan dari PLN atau ada masalah pada rangkaian listrik.
  • Charger terus terpasang ke laptop padahal baterai sudah penuh pada pengisian sebelumnya.
  • Mengisi daya baterai padahal masih terisi banyak. Usahakan menunggu sampai habis atau saat notifikasi baterai lemah muncul.
  • Laptop dipakai secara berlebihan dan menyebabkan suhunya terus naik.

Misal dipakai main game hingga sehari penuh atau dipakai untuk mendesain.

Cara Memperbaiki atau Mengatasi Baterai Drop

Untuk mencegah baterai drop atau rusak terlalu parah, tiga cara di bawah ini bisa dilakukan dengan baik dan saksama.

1. Mengaktifkan Power Saver

Cara pertama yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah baterai mudah habis atau drop adalah mengaktifkan power saver. Untuk bisa melakukannya, ikuti langkah sederhana di bawah ini.

  • Klik pada ikon baterai yang ada pada taskbar atau pojok kanan bawah dari laptop.
  • Setelah muncul baterai, persentase, sampai waktu hidupnya, kamu bisa memilih battery saver, power saver, atau apapun namanya.

Kalau kamu melakukan proses saver energi ini, beberapa fungsi dari laptop yang boros seperti layar akan diturunkan fungsinya. Misal dibuat menjadi agak redup agar baterai bisa bertahan lebih lama.

2. Memasukkan Baterai ke Freezer

Cara perbaiki baterai laptop yang cepat habis yang kedua ini mungkin sedikit primitif. Namun, cocok sekali dipakai untuk kamu yang suka main game sampai gadget terasa sangat panas. Kalau baterai tidak didinginkan, bisa memicu kerusakan.

Ikuti langkah di bawah ini untuk memperbaikinya:

  • Lepas baterai yang sedang panas sehabis digunakan.
  • Ambil plastik sedikit tebal untuk membukusnya. Kalau kamu ada ziplock akan lebih baik lagi.
  • Masuk ke dalam lemari es, usahakan bagian freezer.
  • Tunggu selama 3-4 jam atau kamu merasa semua komponen di baterai sudah dingin.
  • Keluarkan dari freezer, letakkan di meja sampai memiliki suhu normal.

Jangan langsung dicolokkan ke listrik untuk menghindari kerusakan.
Setelah dipasangkan dan diisi daya, cek apakah masih boros atau tidak. Umumnya baterai laptop bisa dipakai 3-4 jam dalam kondisi penuh.

3. Mengganti Komponen Baterai

Ganti bagian cell dari baterai dengan yang baru. Cara ini bisa dilakukan dengan membedah baterai. Kalau kamu belum pernah melakukannya, disarankan untuk tidak melakukan cara ini.

Lebih baik segera dibawa ke tukang servis kalau dua cara di atas tidak bisa mengatasi boros. Tanyakan apakah bisa memperbaiki baterai atau tidak sebelum meninggalkan laptop.

Itulah cara memperbaiki baterai laptop yang cepat habis. Beberapa cara bisa dilakukan sendiri di rumah dan lainnya hanya bisa ditangani oleh mereka yang sudah ahli dalam servis.

Selain cara di atas, baterai yang sudah rusak umumnya sulit diperbaiki. Solusi yang hanya bisa dilakukan adalah membeli suku cadangnya. Jika tidak, proses pengisian tidak akan terjadi dan kamu harus lepas baterai.

Leave a Comment