Cara Kompres Video agar bisa dikirim WA Dijamin Tanpa Ribet!

Pernahkah kamu ingin mengirim file video melalui aplikasi Whatsapp namun ditolak sistem karena ukurannya terlalu besar? Atau kamu kurang puas dengan hasil kompres yang dilakukan oleh Whatsapp? Tenang, ada cara kompres video agar bisa dikirim WA tanpa mengorbankan terlalu banyak kualitas filenya, lho!

Perlu kamu tahu, saat kamu akan mengirim file, baik gambar maupun video, secara otomatis sistem Whatsapp akan mengompresnya. Kecuali jika kamu mengirim gambar atau video melalui opsi dokumen. Nah, jika ingin kirim video yang dikompres oleh kamu sendiri, aplikasi apa saja yang bisa digunakan?

Cara Kompres Video Agar Bisa Dikirim WA

Google Play Store memiliki berbagai aplikasi yang bisa membantu kamu dalam mengkompres file video agar ukurannya bisa menjadi lebih kecil. Namun, seringkali kita kebingungan akan menggunakan aplikasi yang mana.

Nah, berikut kami berikan rekomendasinya buat kamu.

1. VideoShow-Video Editor, Video Maker with Music

Aplikasi rekomendasi pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengubah ukuran file video, alias mengompresnya adalah dengan VideoShow. Kamu bisa mengunduhnya melalui Google Play Store secara gratis.

Langkah-langkah cara kompres video di hp dengan aplikasi ini cukup mudah, yaitu seperti berikut.

1. Pertama, buka aplikasi Videoshow.

2. Setelah terbuka, kamu akan dihadapkan dengan berbagai pilihan menu. Kamu dapat mengetuk tombol ‘’Compress’’ Seperti pada gambar berikut.

Cara Kompres Video agar bisa dikirim WA Dijamin Tanpa Ribet

3. Setelah menekan tombol “Compress”, kamu akan dihadapkan dengan menu file berkas. Pada tahap ini, cari video yang akan kamu kompres.
4. Setelah mendapatkannya, kamu bisa melakukan kompresi dengan menekan tombol yang terletak di sudut kanan atas.
5. Setelah kamu mengklik tombol tersebut, kamu bisa memilih kualitas video yang diinginkan.

Begini Cara Kompres Video agar bisa dikirim WA Dijamin Tanpa Ribet 2

6. Untuk hasil akhir berupa ukuran file yang lebih kecil, kamu bisa memilih opsi angka yang paling kecil.
7. Tunggu proses kompres
8. Setelah video selesai dikompres dan kamu ingin langsung membagikannya ke Whatsapp, kamu tidak perlu keluar dari aplikasi ini terlebih dahulu. Cukup memilih opsi Whatsapp dan secara otomatis kamu akan dialihkan ke aplikasi Whatsapp.

cara mengecilkan file video untuk WhatsApp

Nah, itulah tadi cara yang dapat kamu gunakan untuk mengkompres file video menggunakan aplikasi VideoShow-Video Editor, Video Maker with Music. Dengan begitu, kualitas video yang dikompres secara manual kemungkinan bisa lebih baik daripada kompres langsung oleh sistem WhatsApp.

Baca Juga: 2 Cara Logout Gmail di HP OPPO Dengan Mudah

2. Menggunakan Aplikasi VidCompact

Aplikasi kompres video satu ini juga bisa dijadikan alat untuk kompres ukuran video namun kualitasnya tetap terjaga dengan baik. Langsung saja, berikut ini cara dan penjelasannya.

1. Pertama, siapkan aplikasi VidCompact yang bisa kamu unduh melalui google play store.
2. Jika sudah, kamu bisa langsung membuka aplikasi dan pilih opsi trim & Compress.

Aplikasi kompres video

3. Setelah itu, kamu bisa memilih video mana yang akan kamu ubah ukuran datanya.
4. Setelah memilih video, klik videonya dan tentukan resolusi rendah yang diinginkan, misalnya 240p atau 360p.
5. Pilih save to gallery untuk menyimpan video ke perangkat. Baru setelah itu kamu bisa membagikannya ke WhatsApp.

cara kompres video di hp

Tapi tahukah kamu? Selain dengan menggunakan sistem WhatsApp dan aplikasi VideoShow-VideoEditor, maupun aplikasi-aplikasi lainnya, kamu juga bisa menggunakan cara yang lebih hemat ruang. Hanya saja, cara ini memakan lebih banyak kuota data.

Cara apakah itu? simak sampai selesai, ya!

Cara Kompres Video Agar Bisa Dikirim WA Tanpa Aplikasi

Seperti yang kamu ketahui, teknologi informasi yang semakin berkembang tentu saja juga mempengaruhi bagaimana sistem dari internet itu sendiri bekerja. Salah satunya dalam hal bagaimana cara mengecilkan file video untuk WhatsApp.

Dengan internet, baru-baru ini bahkan kamu tidak memerlukan aplikasi, cukup melalui browser yang ada di Android saja untuk dapat mengkompres video. Nah, Bagaimana caranya?

Cara mengecilkan size video online yang satu ini cocok untuk kamu yang malas mengunduh aplikasi terlebih dahulu. Kamu bisa langsung kompres file video menggunakan alat kompres video untuk Whatsapp online. Berikut ini tutorial lengkapnya.

1. Pertama, kamu bisa buka browser favorit seperti Chrome, Google, maupun browser lainnya sesuai kebutuhan.
2. Selanjutnya, kunjungi website www.videosmaller.com.
3. Saat website terbuka, kamu bisa langsung menekan tombol ‘’Browse’’, kemudian pilih video mana yang akan kamu kompres agar nantinya dapat dikirim melalui WhatsApp.
4. Setelah selesai proses memasukkan video ke website, ketuk tombol ‘’Upload Video’’ dalam kolom berwarna hijau seperti pada gambar berikut ini.

1. Setelah selesai proses upload, nantinya akan ada keterangan “Complete’’ dan informasi berapa persen jumlah data file yang terkompres. Umumnya, bisa berkurang lebih dari 50%.
2. Setelah selesai, kamu bisa langsung buka aplikasi WhatsApp dan langsung membagikannya.

Penutup

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi mengirim pesan yang sekaligus untuk mengirim file media dan dokumen. Namun, WhatsApp juga membatasi besaran file, terutama untuk file video. Hal ini yang membuat kualitas video menurun. Untuk itulah, sebaiknya lakukan kompres manual terlebih dahulu.

Dari penjelasan di atas, apakah kamu sudah mulai mencoba berbagai cara kompres video agar bisa dikirim WA? Apakah cara-cara tersebut membantu kamu? Yuk, bagikan pengalamanmu dan bagikan juga tips ini kepada teman-teman yang lain, ya!

Leave a Comment