Cara Mengatasi HP Panas Baterai Tanam dan Penyebabnya

Sebagian besar smartphone saat ini lebih memilih mengimplementasikan baterai tanam. Pasalnya, jenis baterai tersebut terbilang sangat bagus. Kendati demikian, Anda harus tahu cara mengatasi HP panas baterai tanam karena cukup sering terjadi.

Pada dasarnya, baik yang ditanam maupun yang biasa tidak dapat meminimalisir panas pada HP. Artinya, Anda tetap harus tahu cara mengatasi HP cepat panas dan baterai cepat habis.

Kelebihan Baterai Tanam

Sebelum membahas cara mengatasi HP panas Oppo, dan brand lainnya, alangkah baiknya kami sedikit menjelaskan apa saja kelebihan baterai yang ditanam. Pasalnya, model tersebut kian populer dan banyak diimplementasikan. Berikut kelebihannya:

1. Merampingkan Penampilan

Memiliki HP dengan baterai tanam dapat memudahkan Anda saat membawanya. Karena baterai tidak memerlukan ruang yang besar di dalam ponsel.

2. Menjaga Daya Tahan Baterai

Baterai tanam terbukti lebih tahan lama dibandingkan baterai biasa. Ketahanan daya baterai menjadi lebih awet dibandingkan dengan tipe yang bisa dilepas.

3. Memudahkan Proses Pencabutan SIM Card/Kartu Memori

Melepaskan SIM card atau kartu memori saat ini tidak perlu melepas baterai terlebih dahulu. Pengguna bisa lebih mudah saat mengganti kartu memori maupun SIM.

Baca Juga: Cara Mengetahui Tipe HP Vivo yang Terkunci Pola/Sandi

Penyebab Baterai HP Cepat Panas

Untuk bisa mengetahui cara mengatasi HP panas Samsung dan merk lainnya, Anda harus tahu penyebabnya terlebih dahulu. Tujuannya agar mudah mencari solusi yang tepat sesuai dengan penyebabnya. Berikut apa saja yang menyebabkan baterai HP cepat panas:

1. Menonton Konten Streaming Terlalu Lama

Menghabiskan waktu berjam-jam untuk streaming merupakan aktivitas baru masyarakat milenial. Tanpa disadari, hal itu ternyata dapat berdampak kurang baik pada HP.

Menonton streaming berjam-jam dapat menyebabkan panas pada HP terutama jika dilakukan sambil dicas. Hal itu dikarenakan HP terus menerus memuat data video yang mengakibatkannya cepat panas.

2. Tidak Mengoptimalkan Pengaturan HP

Mengatur performa HP agar tidak panas ternyata bisa dilakukan pada menu “setting”. Karena faktanya, beberapa pengaturan di HP dapat menyebabkan HP cepat panas.
Beberapa fitur seperti setting kecerahan layar dan penggunaan wallpaper animasi, dapat menyebabkan kinerja CPU menjadi lebih berat. Akhirnya HP pun akan cepat panas.

3. Memainkan Game Terlalu Lama

Bermain game di ponsel adalah aktivitas yang seru. Tapi jangan sampai lupa waktu. Karena memainkan game berjam-jam dapat membuat baterai cepat panas
Terutama jika Anda suka memainkannya sambil dicas. Aktivitas ini yang sering menjadi penyebab panas pada HP.

Hal ini berlaku juga ketika Anda menggunakan aplikasi selain game sambil dicas.

4. Mengisi Daya Secara Berlebihan

Pastikan Anda mencabut kabel charger jika sudah terisi 100%. Tujuannya agar tidak terjadi konsleting pada baterai. Hal itu juga menjadi penyebab panas pada ponsel. Bahkan jika sering terjadi, baterai akan cepat rusak dan drop.

5. Belum Memperbarui Aplikasi dan Software

Memperbarui aplikasi dan software merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Karena tanpa kita sadari, bug pada aplikasi maupun software yang tidak up to date bisa menyebabkan panas pada HP.

Cara Mengatasi HP Panas Pada Baterai Tanam

Pada dasarnya ada persamaan penyebab panas pada baterai tanam maupun konvensional. Itulah kenapa cara mengatasinya pun tidak jauh berbeda. Cara mengatasinya tidak lepas dari penyebab-penyebab di atas. Berikut cara-caranya.

1. Memperbarui Software dan Aplikasi

Memastikan semua software dan aplikasi sudah menggunakan versi terbaru adalah cara pertama yang perlu dicek. Maka dari itu, astikan Anda memperbaruinya

2. Mengisi Daya Secara Optimal

Mengisi daya ponsel dengan cara membiarkannya, atau tidak sambil digunakan adalah cara yang paling tepat. Pasalnya, mengisi ponsel sambil digunakan dapat menyebabkannya cepat panas. Isi daya hingga 100% kemudian cabut.

3. Bermain Game dan Streaming Sewajarnya

Jangan terlalu lama bermain game dan streaming. Atur waktu saat melakukan dua aktivitas tersebut agar tidak berlebihan.

4. Menghilangkan dan Meminimalisir Beberapa Fitur

Menghapus animasi pada wallpaper dapat menyebabkan suhu HP menjadi turun. Atur juga pencahayaan supaya tidak berlebihan.

Tips Agar Ponsel Tidak Mudah Panas dan Drop

Untuk mengoptimalkan cara mengatasi baterai tanam kembung Xiaomi dan cepat panas, silahkan Anda ikuti tips berikut. Tips ini juga bisa diaplikasikan pada berbagai merk ponsel lainnya:

1. Mengecek Penggunaan Baterai

Menggunakan ponsel hingga dayanya 0% dapat menyebabkan baterai cepat drop dan panas. Gunakan ponsel maksimal hingga dayanya 10%-20%. Kemudian charge hingga 100%.

2. Mengisi Daya Sewajarnya

Mengisi daya secara berlebihan dapat menyebabkan baterai cepat kembung dan panas. Hindari juga pengisian daya saat akan tidur.

3. Menggunakan Baterai Original

Memilih baterai untuk HP tidak boleh sembarangan. Pastikan terlebih dahulu bahwa produk tersebut asli bawaan pabrik.

4. Menyimpan HP Secara Hati-Hati

Menyimpan ponsel sembarangan berpotensi membuatnya menjadi panas. Contohnya seperti meletakan ponsel di atas kulkas, di atas dashboard mobil, di atas TV dan tempat lainnya.

Demikian penjelasan cara mengatasi HP panas baterai tanam. Pada dasarnya cara-caranya sangatlah mudah. Namun, terkadang pemilik ponsel keasyikan dan lupa sehingga menyebabkan HP cepat panas dan drop.

Leave a Comment