Berbagai Penyebab dan Cara Mengatasi HP Panas Xiaomi

HP Xiaomi sering bermasalah karena mudah panas? Simak cara mengatasi HP panas Xiaomi yang akan saya jelaskan secara detail di sini. Semua akan dibahas lengkap dengan penyebab-penyebabnya yang sering dikeluhkan.

Xiaomi merupakan merk ponsel yang sangat populer di Indonesia. Saat ini merk tersebut juga merupakan salah satu yang paling laris. Namun, sama seperti merk lainnya, ponsel ini juga tidak tahan terhadap panas akibat penggunaan yang berlebihan.

Penyebab Panas Pada HP Xiaomi

Sebelum saya membahas cara mengatasi HP Xiaomi cepat panas dan boros baterai, alangkah baiknya kamu ketahui penyebabnya terlebih dahulu. Berikut beberapa penyebab yang sering terjadi:

1. Penggunaan HP yang Tidak Wajar

Maksud tidak wajar di sini yaitu waktu penggunaan yang lama. Contohnya seperti ketika bermain game tanpa mengenal waktu. Terlebih jika memainkan game dengan resolusi HD.

Bahkan, tidak sedikit yang sering bermain game sambil melakukan pengisian daya. Hal semacam itu termasuk ke dalam penggunaan yang tidak wajar. Maka wajar saja jika terjadi masalah, mulai dari HP panas hingga hang.

2. Terlalu Banyak Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Smartphone memiliki cara kerja yang mirip dengan komputer. Contohnya dalam hal multi tasking. Smartphone bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus di background.

Namun, multitasking tanpa ditunjang dengan CPU dan RAM yang kuat, justru akan membuat HP mudah panas. Pasalnya, semakin banyak aplikasi berjalan, semakin berat kinerja CPU pada ponsel.

3. Tidak Menyalakan mode Power Saving

Ponsel model terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan fitur power saving. Fungsinya yaitu untuk menghemat daya. Dengan menyalakan fitur ini, ponsel menjadi hemat energi.

Fitur power saving ini akan mematikan beberapa hal yang tidak dibutuhkan. Misalnya seperti mematikan GPS, wifi, bluetooth, mematikan aplikasi di latar belakang, dan lainnya.

Selain menghemat energi, fitur ini juga terbukti mampu menjaga suhu normal pada ponsel. Dengan menyalakan fitur ini, suhu ponsel hanya menyentuh angka 40 derajat celcius saja tanpa dicas.

4. Overclock Ponsel Xiaomi

Pada dasarnya, overclock memiliki manfaat untuk meningkatkan kinerja ponsel. Overclock akan membuat ponsel menjadi lebih cepat, terutama saat memainkan game beresolusi HD.

Namun sayangnya, overclock ini biasanya akan membuat ponsel menjadi cepat panas. Pasalnya, overclock dapat meningkatkan kinerja CPU menjadi lebih keras. Bahkan tidak sedikit yang mengalami overheating.

5. Banyak Fitur yang Aktif

Xiaomi memiliki beberapa fitur penting yang biasanya langsung menyala saat HP hidup. Beberapa di antaranya seperti GPS, hotspot, bluetooth, dan wi-fi.

Sebagai informasi, fitur-fitur tersebut ternyata dapat menyebabkan ponsel cepat panas. Pasalnya, meskipun tidak digunakan, fitur tersebut akan mencari jaringan yang ada di sekitar secara otomatis.

6. MIUI Masih Versi Lama

Pembaruan MIUI sangat penting untuk seluruh HP Xiaomi. Tujuannya yaitu agar ponsel bisa mendapatkan fitur-fitur terbaru agar kinerjanya semakin optimal.

Ponsel Xiaomi yang belum diperbarui biasanya akan menyebabkan HP menjadi cepat panas. Hal itu dikarenakan banyaknya bugs pada sistem sehingga membebani kinerja HP.

7. Menggunakan Ponsel Saat Mengisi Daya

Suhu ponsel biasanya akan naik sedikit pada saat pengisian daya. Jadi sebaiknya Anda simpan hingga pengisian 100%. Jika digunakan, maka suhunya akan meningkat beberapa kali lipat.

Terutama jika Anda menggunakannya untuk bermain game dan menjalankan aplikasi yang berat. Suhu ponsel akan naik drastis bahkan bisa saja terjadi overheating dan menyebabkannya hang.

Baca Juga: Cara Mengatasi HP Panas Baterai Tanam dan Penyebabnya

Cara mengatasi HP Xiaomi yang Panas

Salah satu tipe HP Xiaomi yang cepat panas adalah Redmi series. Cara mengatasi HP Xiaomi Redmi series cepat panas, hampir sama dengan tipe yang lainnya. Caranya tidak lepas dari penyebab-penyebab di atas. Itulah kenapa saya jelaskan penyebabnya terlebih dahulu sebelum penjelasan cara-caranya.

Berikut saya paparkan apa saja cara mengatasi HP panas Xiaomi:

1. Jangan Menggunakan HP Saat Mengisi Daya

Jangan menggunakan ponsel saat mengisi daya. Entah itu menggunakan aplikasi maupun bermain game. Jika dipaksakan, tidak menutup kemungkinan terjadi overheating yang bisa merusak hardware.

2. Jangan Terlalu Sering Multitasking

Hindari multitasking jika tidak diperlukan. Terutama jika HP Xiaomi milikmu bukan tipe dengan spek yang mumpuni. Multitasking hanya cocok untuk tipe-tipe HP yang memiliki processor dan RAM yang mumpuni.

3. Meminimalkan Tampilan HP

Beberapa fitur untuk mempercantik layar dapat membuat tampilannya menjadi terlihat menarik. Namun sayangnya, fitur-fitur tersebut dapat membuat HP menjadi boros daya dan cepat panas. Jadi sebaiknya Anda gunakan tampilan sederhana saja.

4. Mengurangi Tingkat Kecerahan Layar

Cahaya HP juga berpengaruh pada suhu HP. Cobalah menguranginya agar suhunya tetap terjaga. Selain itu, cara ini juga bagus untuk meningkatkan daya tahan baterai pada HP Xiaomi.

5. Mengurangi Widget

Bagi kamu, mungkin beberapa widget pada ponsel Android seperti Xiaomi sangat penting. Sebut saja misalnya seperti tanggal dan waktu. Selain itu, banyak widget lain yang juga tak kalah penting. Namun sebaiknya Anda kurangi untuk meminimalisir panas pada HP.

6. Kurangi Waktu Bermain Game dan Streaming

Bermain game dan streaming berlebihan dapat menyebabkan suhu HP menjadi lebih panas. Jadi sebaiknya Anda batasi agar suhunya tetap stabil.

Demikian berbagai penyebab dan cara mengatasi HP panas Xiaomi. Bagaimana, cukup mudah bukan? Selamat mencoba.

Leave a Comment