Bagaimana Cara Cek Layar Xiaomi dengan Mudah dan Anti Gagal

Xiaomi adalah brand smartphone yang dikenal luas penggunaannya di Indonesia. Kamu berencana membeli ponsel pintar Xiaomi? Pastikan untuk selalu melakukan pengecekan ekstra. Salah satunya adalah bagian layar. Dalam ulasan kali ini saya akan sharing beberapa cara cek layar Xiaomi agar kamu tidak tertipu penjual nakal.

Bagaimana Cara Cek Kondisi Layar Xiaomi?

Layar HP termasuk komponen paling penting dari keseluruhan HP. Hal ini jadi lebih penting lagi kalau HP kamu penggunaannya lebih spesifik untuk bermain game atau mengasah soft skills seperti menggambar dan mengedit video.

Pada dasarnya, ada dua pengecekan layar yang bisa kamu lakukan sebelum memutuskan untuk membeli HP Xiaomi. Pertama adalah kondisi fisik layar dan kedua adalah performa layarnya.

Kedua pengecekan ini akan saya bahas terpisah sebagai berikut:

Cara Cek Kondisi Fisik Layar Xiaomi

Sebelum membahas cara mengecek layar sentuh xiaomi, kamu wajib banget cek kondisi layar. Ini penting khususnya untuk kamu yang beli ponsel bekas. Ada beberapa tanda layar cacat yang dapat mempengaruhi performa layar sentuh seperti:

1. Layar Pecah

Kalau Xiaomi yang mau kamu beli sudah pecah layarnya, ada baiknya kamu batalkan niat kamu, deh. Keadaan layar yang pecah tidak hanya bahaya untuk jarimu tapi juga berpotensi menyebabkan kerusakan pada komponen inti HP.

2. Layar Retak

Kondisi layar retak ini memang agak tricky ya. Layar kalau sudah retak biasanya merembet hampir ke semua bagian layar. Saya ada trik khusus sebagai cara cek LCD Xiaomi original. Kamu bisa gunakan senter untuk melihat retakan halus pada bagian dalam layar.

3. Terdapat Garis Berwarna Kuning atau Hitam di Layar

Garis pada layar adalah salah satu tanda awal rusaknya layar sentuh. Parahnya, gangguan pada performa layar memang tidak langsung terlihat saat garis muncul. Jadi kamu harus super hati-hati ya.

4. Layar Berubah Warna

Hal ini bisa terjadi karena ada masalah pada software atau hardware dari smartphone. Layar biasanya berubah warna menjadi kecoklatan atau kuning kusam.

5. Terdapat Celah antara Layar dan Body HP

Hal ini biasanya terjadi karena benturan yang cukup keras. benturan ini kemudian membuat rongga antara layar dan body HP. Celah ini bisa menjadi jalan masuk bagi air dan debu.

Cara Cek Performa Layar Xiaomi

Setelah mengecek kondisi fisik layar, kamu bisa melakukan cek performa layar. Hal ini wajib dilakukan terlebih kalau kamu berencana membeli Xiaomi bekas. Yuk kita bahas bagaimana cara cek layar touchscreen Xiaomi sebagai berikut:

1. Lewat Menu Setelan atau Setting

Dengan cara pertama ini, kamu bisa langsung pergi ke setelan atau setting di Xiaomi kamu. Pilih tentang ponsel atau about phone. Nantinya akan muncul tampilan seperti di bawah ini dengan info-info mengenai Xiaomi kamu.

cara cek layar Xiaomi 1

Langkah selanjutnya adalah klik versi kernel atau kernel version berulang kali hingga muncul tampilan fitur yang dapat kamu cek. Kamu bisa pilih touchpal. Setelah itu akan muncul kotak persegi panjang dengan bulatan di dalamnya.

Kamu hanya perlu menyentuh layar mengikuti alur bulatan itu. Kalau kamu dapat membuat garis memanjang tanpa putus, berarti layar touchscreen Xiaomi kamu dalam kondisi prima.

2. Pakai Tombol Power dan Volume Atas

Cara ini termasuk cara cek sensor layar Xiaomi yang legend. Cara ini juga digunakan untuk hard reset pada Xiaomi kamu. Karenanya kamu perlu ekstra hati-hati ketika menggunakan cara ini.

Hal yang perlu kamu lakukan adalah menekan tombol power dan tombol volume atas secara bersamaan. Setelah itu akan muncul opsi dalam bahasa Mandarin. Klik opsi warna kuning di kiri bawah untuk mengubahnya ke Bahasa Inggris.

cara cek layar Xiaomi 3

Kalau bahasa sudah berubah ke bahasa Inggris seperti ini, kamu bisa pilih Manual Test. Lalu pilih opsi Touch. Akan muncul beberapa kotak yang harus kamu hapus dari layar dengan disentuh.

Apabila kotak hilang setelah kamu sentuh, itu tandanya bagian layar yang kamu sentuh masih normal. Jika kotak tidak hilang, berarti bagian layar tersebut sudah hilang atau berkurang tingkat sensitivitasnya.

Baca Juga: Cara Melihat Password WiFi di HP Xiaomi

3. Pakai Kode Dial Unik

Xiaomi punya beberapa kode unik yang berguna untuk membuka beberapa fitur rahasia dan juga mengecek kondisi perangkat. Tiap kombinasi kode unik yang berbeda akan membuka fitur yang berbeda pula.

Untuk mengecek kondisi touchscreen kamu bisa ketik kombinasi *#*#64663#*#* di dial pad Xiaomi kamu. Kamu nanti akan diarahkan ke beberapa pilihan pengecekan. Pilih Touch Sensor atau FQC Test.

Ada 2 performa yang dapat kamu cek melalui kode dial ini, yaitu warna pada layar dan sensitivitas layar. Untuk mengecek keduanya, kamu bisa pilih opsi Color lalu ikuti semua panduan yang muncul. Pastikan warna berubah sesuai instruksi yang tertera.

Ketika pengecekan warna selesai, kamu bisa kembali ke halaman pengecekan dan memilih Touchscreen. Pastikan setiap bagian dari layar merespon ketika disentuh. Kamu tinggal ikuti panduan yang diberikan ponsel.

4. Pakai Aplikasi Touchscreen Test

Aplikasi ini adalah aplikasi untuk mengecek kondisi layar sentuh Xiaomi. Fungsinya kurang lebih sama dengan menggunakan kode unik Xiaomi, tetapi minim resiko karena kamu tidak perlu memasukkan kode yang kemungkinan salah.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengunduh aplikasinya secara gratis di Play Store. Setelah proses install selesai, kamu bisa klik Start Test pada aplikasi dan kamu tinggal mengikuti instruksi yang muncul.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah beragamnya tools yang tersedia sehingga kamu dapat mengecek semua fitur touchscreen di Xiaomi kamu.. Bahkan kamu dapat mengetahui beban pressure dari jarimu saat menyentuh layar, loh.

Bagaimana nih menurut kalian? Berbagai cara cek layar Xiaomi di atas mudah banget untuk kamu lakukan sendiri kan? Jangan lupa untuk praktekin sebelum membeli HP Xiaomi ya. Lumayan kan buat mengantisipasi penjual-penjual nakal di luar sana.

Leave a Comment